Berbagai Jenis Surveyor Kelautan. Karena industri ini sangat beragam dan luas, survei yang berbeda dilakukan oleh surveyor khusus yang ahli di bidangnya masing-masing. Bagian ini akan membahas berbagai jenis surveyor dan organisasi yang menaunginya.

Ada dua jenis Surveyor Kelautan utama tergantung pada tujuan utama mereka, yaitu surveyor proaktif dan surveyor reaktif. Surveyor proaktif bertujuan untuk mengidentifikasi masalah sebelum terjadi. Mereka umumnya bertanggung jawab untuk menilai kapal sebelum pembelian atau selama pemeriksaan rutin.

Jika ditemukan adanya cacat atau kerusakan, potensi kecelakaan dapat dihindari. Oleh karena itu, surveyor dianggap proaktif. Di sisi lain, surveyor reaktif dipanggil setelah beberapa insiden terjadi. Mereka termasuk surveyor asuransi, arbitrase, dan penuntut. Karena mereka menilai kapal sebagai reaksi terhadap suatu kejadian, mereka disebut sebagai surveyor reaktif.

Berbagai Jenis Surveyor Kelautan

Surveyor Kelautan kargo adalah spesialis yang disewa oleh penyewa atau organisasi yang mengangkut kargo curah. Pemilik kargo mempercayakan surveyor untuk memastikan bahwa kargo dimuat dan dibongkar dengan benar. Selain menilai operasi kargo, surveyor menghitung muatan yang diizinkan dan draft maksimum dan minimum serta memeriksa ulang manifes dengan kargo yang dimuat.

Dalam kasus barang lepas yang diangkut dengan kapal curah, mungkin juga perlu untuk memastikan ketentuan yang memadai untuk mencegah kargo bergeser selama perjalanan. Untuk barang yang mahal dan bernilai tinggi, surveyor mungkin diminta untuk mengawasi operasi bongkar muat secara pribadi. Saat mengangkut barang yang rentan terhadap kontaminasi atau infeksi, surveyor bertanggung jawab untuk memastikan bahwa tindakan pencegahan telah dilakukan untuk mengamankan barang dengan aman. Seperti namanya, surveyor kargo bertanggung jawab atas semua operasi dan inspeksi terkait kargo.

Baca Yuk :  Bea Cukai Jerman mengizinkan kapal kargo Atlantic Navigator II untuk meninggalkan pelabuhan Laut Baltik

Surveyor klasifikasi adalah perwakilan dari lembaga klasifikasi dan memastikan bahwa kapal mematuhi peraturan yang telah ditetapkan sebelumnya. Lembaga klasifikasi adalah badan standarisasi yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kapal dibangun dan dioperasikan dengan aman. Mereka dapat memberlakukan pembatasan pada kapal berdasarkan kelas kapal dan mengharuskan kapal untuk mempertahankan standar ini untuk mempertahankan pendaftaran mereka di bawah masyarakat.

Lloyd’s Register, Bureau Veritas, dan Indian Register of Shipping merupakan lembaga klasifikasi terkemuka. Para surveyor ini harus memeriksa kapal dan permesinannya untuk memastikan bahwa kapal tersebut memenuhi standar yang ditetapkan. Mereka juga berfungsi sebagai perwakilan negara bendera kapal untuk memastikan bahwa undang-undang domestik ditaati. Negara bendera mengacu pada bendera negara tempat kapal beroperasi. Surveyor ini memeriksa konstruksi, perlengkapan, pemeliharaan, tingkat polusi, dll., dan memberikan rekomendasi kepada negara bendera dan lembaga klasifikasi. Jika ada masalah, ada jangka waktu yang disediakan untuk memperbaiki masalah tersebut. Surveyor ini biasanya bekerja bersama surveyor pemerintah.

Baca Yuk :  Survei Tingkat Kebisingan di Atas Kapal Laut dan Dampak Buruknya

Berbagai Jenis Surveyor Kelautan

Surveyor pemerintah adalah pejabat yang mewakili dua kepentingan utama – perwakilan negara bendera dan perwakilan negara pelabuhan. Pejabat negara bendera memastikan bahwa kapal yang didaftarkan di bawah negaranya memenuhi persyaratan yang memuaskan untuk melanjutkan pendaftarannya. Jika terjadi masalah yang berkepanjangan dan tidak dapat diperbaiki, negara bendera memiliki wewenang untuk menangguhkan atau mencabut pendaftaran. Hal ini mencegah kapal memasuki pelabuhan mana pun, karena tidak lagi memiliki afiliasi apa pun. Di sisi lain, pejabat negara pelabuhan melapor kepada pemerintah negara tempat kapal tertentu berlabuh. Mereka bertugas memastikan bahwa semua kapal yang masuk dan berangkat memenuhi persyaratan pelabuhan tertentu. Selain mensurvei kapal, mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa batas-batas draft sebuah pelabuhan dipertahankan.

Surveyor kapal pesiar dan kapal kecil (Y&SC) bertanggung jawab untuk memeriksa dan memantau kapal kecil. Mereka memeriksa berbagai peralatan dan mesin di atas kapal. Karena sebagian besar kapal-kapal ini digunakan untuk kesenangan pribadi, para pemilik menyewa surveyor untuk memeriksa kapal mereka. Meskipun beberapa surveyor beroperasi di bawah organisasi, sebagian besar surveyor yang dipekerjakan adalah surveyor independen.

Surveyor asuransi dan garansi memeriksa kapal untuk tujuan asuransi dan P&I. Salah satu pihak dalam klaim asuransi dapat mempekerjakan mereka. Sebagai contoh, perusahaan asuransi sering mempekerjakan staf surveyor untuk memperkirakan kerusakan dan menentukan apakah kerusakan tersebut termasuk dalam klaim asuransi yang valid. Di sisi lain, pihak penuntut akan mempekerjakan surveyor untuk melakukan penyelidikan pribadi dan dapat menggunakan laporan mereka di pengadilan hukum maritim. Meskipun perusahaan asuransi sering menyarankan agar penuntut menyewa surveyor untuk menjalankan analisis mereka, kedua belah pihak lebih suka melibatkan pihak ketiga yang tidak bias. Adalah ilegal bagi perusahaan asuransi untuk memaksa surveyor tertentu kepada penuntut.

Baca Yuk :  Jasa Inspeksi Tempat Penyimpanan Kargo

Terakhir, surveyor independen adalah individu yang melakukan survei secara independen, tanpa terkait dengan organisasi mana pun. Mereka biasanya disewa untuk membuat laporan pihak ketiga tentang konstruksi atau insiden kapal. Mereka menawarkan layanan mereka dalam survei pra-pembelian, evaluasi, survei draf, pertanyaan asuransi rahasia, dll. Surveyor independen terutama mengandalkan niat baik dan publisitas untuk meningkatkan basis pelanggan mereka.

Berbagai Jenis Surveyor Kelautan


CONTACT DETAILS